Selasa, 03 Februari 2009

39) BIJAKSANAKAH BERHENTI MINUM PIL KALAU ANDA AKAN DIOPERASI?

Sejumlah dokter di negeri Belanda menasehatkan agar sejak enam minggu sebelum operasi sudah tidak minum pil. Apakah ini perlu, disangsikan oleh dokter-dokter lainnya. Lagipula nasehat itu sulit dilakukan dalam praktek, karena kebanyakan pasien baru mendengar kapan operasi akan diadakan hanya beberapa hari sebelumnya. Alasan menghentikan karena pil itu membuka kemungkinan lebih besar untuk trombose sesudah operasi. Hanya dua diantara seratus ribu wanita yang dioperasi mengalami hal ini.

Tinggalah persoalan, apakah kemungkinan kecil ini dapat mengimbangi bahaya kemungkinan kehamilan jika berhenti minum pil. Di samping itu kemungkinan trombose selama dan setelah operasi dapat diperkecil dengan obat-obatan, juga bila minum pil diteruskan.

Kalau dokter yang menangani berpendapat lebih baik menghentikan pil sebelum operasi, maka nasehat itu perlu dituruti. Dalam keadaan itu mestinya akan diusahakan obat pencegah lainnya yang baik. Demikian juga tentunya kalau wanita itu dengan kemauan sendiri mau menghentikan pil sebelum operasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAPATKAN DOLLAR HANYA DENGAN MEBERI TANGGAPAN ATAS SEBUAH SURVEY YANG DIBERIKAN

RAUP RUPIAH DENGAN CARA SANGAT MUDAH DAN GRATIS...!!!