Senin, 02 Februari 2009

30) APA YANG HARUS ANDA LAKUKAN JIKA TERLUPA MINUM PIL SATU KALI?

Karena pil hanya dapat diandalkan sepenuhnya jika diminum secara tertib, maka kalau lupa meminumnya harus selalu memperhatikan kemungkinan kehamilan. Hanya kalau lupa minum pil ’kosong’ kemungkinan itu tidak ada. Betapa besar kemungkinan kehamilan kalau lupa minum pil, tergantung pada lamanya waktu tidak minum pil, pada jenis pil, dan apakah pil itu permulaan atau akhir dari satu kemasan. Terjadinya senggama mestinya pada hari kelupaan minum pil atau dalam tiga hari sebelumnya. Pada pil kombinasi dan pil dua-tahap berlaku petunjuk-petunjuk sebagai berikut:

a. Bila tidak lebih dari dua belas jam berlalu setelah waktunya harus minum pil (berarti dalam tiga puluh enam jam sesudah minum pil terakhir), maka pil yang lupa diminum masih juga dapat diminum. Pil-pil yang berikutnya diminum pada waktu yang biasa lagi. Dengan demikian kemanjuran pil tetap terjamin.

b. Bila pil lupa diminum lebih dari dua belas jam tapi tidak lebih dari dua puluh empat jam dalam hal ini segera saja minum pil yang kelupaan itu. Pada hari yang sama disaat yang biasa minum lagi pil untuk hari itu. Pil dapat hilang kemanjurannya bilapil yang kelupaan itu termasuk dalam tujuh belas pil yang pertama dari kemasan. Hanya dalam keadaan ini perlu memakai alat pencegah ekstra selama sepuluh hari.

c. Jika yang lupa diminum pil yang ’kosong’ tidak perlu diambil tindakan ekstra. Pil yang berikutnya saja diteruskan. ’Kosong’ yang kelupaan boleh dilampaui. Berhubung pil mini lebih berpengaruh daripada pil kombinasi dan pil dua tahap, maka kelupaan minum pil mini sering menimbulkan persoalan. Dua masalah yang sering terjadi pada pil mini adalah: kelupaan pil lebih dari tiga jam tapi kurang dari dua belas jam. Apa yang harus dikerjakan? Segera saja minum pil yang kelupaan dan pada saat biasanya minum lagi satu. Perlu juga sepuluh hari memakai alat pencegah ekstra. Jika kelupaan minum pil mini berlangsung lebih dari dua belas jam dan terjadi senggama pada hari itu atau pada salah satu dari tiga hari sebelumnya, maka harus secepat mungkin menanyakan kepada dokter apakah perlu minum morning after pil. Tapi kalau pada hari-hari itu tidak terjadi senggama, maka tindakan yang harus diambil sama yang tertera pada point c. Bagian pertama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAPATKAN DOLLAR HANYA DENGAN MEBERI TANGGAPAN ATAS SEBUAH SURVEY YANG DIBERIKAN

RAUP RUPIAH DENGAN CARA SANGAT MUDAH DAN GRATIS...!!!