Senin, 02 Februari 2009

28) APA PENGARUH PIL PADA HAID DAN RASA SAKIT YANG SERING MENERTAINYA?

Baik pil kombinasi maupun pil dua tahap mempunyai pengaruh besar pada haid. Sebenarnya bisa memakai jenis-jenis pil ini haid yang sesungguhnya tidak datang. Soalnya adalah pelepasan darah. Karena pil itu menjaga agar tidak ada telur dalam indung telur yang menjadi matang, bagian dalam atau juga selaput berlendir rahim menjadi tidak siap untuk menerima telur yang mungkin dibuahi. Maka selaput berlendir seolah-olah menjadi kurang tebal daripada keadaan normal, akibatnya kehilangan darah juga menjadi berkurang. Pendarahan umumnya mulai pada hari kedua atau ketiga setelah minum pil terakhir yang mengandung hormon dan kebanyakan berlangsung tiga sampai empat hari.

Selama minum pil waktu haid biasanya lebih pendek dan kehilangan darah lebih sedikit daripada tanpa pil. Juga rasa sakit yang mungkin timbul waktu haid hilang dengan minum pil atau banyak berkurang. Bahkan kadang-kadang dikatakan bahwa kehilangan darah berlangsung sangat singkat dan sedikit. Sering ini menunjukkan bahwa pil itu bagi pemakainya terlalu banyak mengandung progesteron atau terlalu sedikit oestrogen. Jika pendarahan karena minum pil menjadi lebih parah, maka sebabnya terletak pada terlalu banyaknya oestrogen atau terlalu sedikit progesteron.

Dengan pertolongan pil-pil lain masalah haid semacam ini hampir selalu dapat tertolong dengan cepat. Pil mini pada umumnya membawa perubahan haid yang jauh lebih sedikit. Lebih dari separuh kaum wanita kematangan telur dan siklus haid berjalan terus secara normal. Memang dapat terjadi, dengan pil mini pada bulan-bulan pertama haid datangnya agak lebih dini atau terlambat dari biasanya. Kebanyakan ini menunjukkan kematangan telur memang diperlambat. Haid tidak teratur ini sering bersifat sementara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAPATKAN DOLLAR HANYA DENGAN MEBERI TANGGAPAN ATAS SEBUAH SURVEY YANG DIBERIKAN

RAUP RUPIAH DENGAN CARA SANGAT MUDAH DAN GRATIS...!!!