Senin, 02 Februari 2009

2) JENIS PIL APA SAJA YANG ADA?

Dinegara kita diperdagangkan bermacam-macam nama pil KB. Setiap pabrik memproduksi dan memberi nama sendiri. Tetapi sebetulnya jenis pil ini tidak banyak, antara lain:

a) Pil Kombinasi.
Jenis pil ini yang paling banyak dipakai dan paling dipercaya. Didalam jenis ini terdapat oestrogen dan progestagen. Jumlah dan imbangan masing-masing dapat agak berbeda. Pil yang dosisnya agak tinggi hanya dipakai pada hal-hal yang luar biasa. Dosis normal yang paling banyak digunakan, meskipun akhir-akhir ini makin banyak diberikan pil kombinasi yang dosisnya rendah. Karena dalam pemakaian jangka panjang paling sedikit menimbulkan akibat sampingan. Pil dosis rendah yang dinakaman ’pil midi’ atau ’pil sub-50’. Jenis istimewa dari pil kombinasi dosis normal adalah ’pil step-up’. Kekhususannya adalah bahwa dalam 11 pil yang pertama dari satu kemasan agak kurang progestagennya dari pada dalam 10 pil yang terakhir.

b) Pil dua tahap (pil normafasis).
7 tablet yang pertama dari pil-pil ini berisi hanya hormon oestrogen, dalam 15 tablet berikutnya terdapat baik hormon oestrogen maupun progestagen. Pembagian hormon ini akan lebih cocok dengan imbangan hormon normal dalam badan (jadi seperti apa adanya seperti tidak minum pil). Kemungkinan akibat sampingan dengan demikian kurang. Pil ini biasanya mempunyai dosis normal, hanya agak kurang terpercaya daripada pil kombinasi.


c) Pil Mini
Pil ini hanya berisi progestagen. Oleh sebab itu akibat sampingan yang akan timbul berkurang. Terpercaanya agak kurang daripada pil ombinasi, terutama jika pilnya tidak diminum tepat pada waktunya. Pil mini tidak begitu terpercaya bagi mereka yang beratnya lebih dari 70 kilogram. Oleh karena itu disarankan untuk minum pil mini dua kali sehari. Bagi wanita diatas usia 35 tahun, pil mini dapat mengganti pil kombinasi yang biasa. Kadang-kadang oestrogen dari pil kombinasi menyebabkan akibat sampingan bagi yang berusia diatas itu.


d) Pil Suntik
Dibawah kulit dan kebanyakan dibawah otot pantat, pada setiap suntikan dimasukkan sejumlah kecil hormon progestagen. Ini pelan-pelan mencair. Daya kerjanya 3 bulan. Setelah itu perlu suntikan lagi. Pil suntik ini pencegah yang gampang, juga dengan akibat sampingan yang sedikit daripada pilyang biasa, sedikit kurang dipercaya daripada pil kombinasi. Pada setengah tahun yang pertama, haid kebanyakan sangat tidak tetap, tetapi setelah itu tidak datang lagi. Sementara wanita menganggap ini suatu kerugian.


e) Pil Darurat (pil kecelakaan) morning after pil
Ini bukannya sebutir pil, tetapi jadwal penyembuhan dari 25 pil, yang harus diminum 5 hari berturut-turut. Pil-pil ini berisi dosis tinggi yang hanya berisi hormon oestrogen. Pil darurat ini adalah tindakan darurat yang dapat diambil jika misalnya telah bersenggama tanpa alat pencegahan, jika anda lupa menelanpil, atau kalau kondomnya robek. Jadwal ini selambat-lambatnya dimulai dalam satu etmal (sehari semalam) bersenggama. Karena tinggi dosisnya oestrogen dan akibat ampinganseperti mual dan muntah, pil darurat ini hanya merupakan pemecahan darurat. Sering juga diberi obat melawan mual.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAPATKAN DOLLAR HANYA DENGAN MEBERI TANGGAPAN ATAS SEBUAH SURVEY YANG DIBERIKAN

RAUP RUPIAH DENGAN CARA SANGAT MUDAH DAN GRATIS...!!!