Kamis, 18 Juni 2009

64) DAPATKAH PIL KB MENYEBABKAN MIGRAINE?

Tidak banyak wanita yang mendapat gangguan sakit kepala sebelah setelah menggunakan pil dibandingkan dengan waktu sebelum memakai pil. Terutama sakit kepala pada hari-hari yang mendahului haid sering berkurang atau hilang sama sekali setelah minum pil.

Hanya sekali-sekali terdapat keluhan sakit kepala sewaktu menggunakan pil pada wanita yang sebelumnya tak terganggu oleh itu. Umumnya hal itu juga hanya terjadi pada bulan-bulanpertama. Bila keluhan sakit kepala masih tetap ada setelah tiga bulan, maka oestrogen dari pil dapat menjadi sebabnya. Pil dengan daya progesteron sering memberi perbaikan. Bila sakit kepala hanya timbul pada hari-hari bebas pil (atau pada hari-hari harus minum pil kosong), maka hal ini disebabkan pil dengan daya progesteron yang kuat. Dalam hal ini penggantian dengan pil yang daya oestrogen agak lebih kuat sangat bermanfaat.

Pengaruh pil atas sakit kepala sebelah berbeda-beda, mungkin sakit kepala sebelah berkurang atau malahan hilang sama sekali. Tetapi mungkin juga selama menggunakan pil timbul sakit kepala sebelah pada wanita yang sebelumnya tidak mempunyai gangguan itu. Nasehat dokter harus selalu diminta. Dengan kombinasi pil takaran rendah kemungkinan menderita sakit kepala sebelah pada umumnya sedikit. Bila selama penggunaan pil tiba-tiba timbul sakit kepala yang luar biasa nyerinya, harus segera minta nasehat dokter. Sering ada alasan untuk berhenti minum pil dengan segera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DAPATKAN DOLLAR HANYA DENGAN MEBERI TANGGAPAN ATAS SEBUAH SURVEY YANG DIBERIKAN

RAUP RUPIAH DENGAN CARA SANGAT MUDAH DAN GRATIS...!!!